Bank Indonesia kedudukannya diluar pemerintah RI

Tahun 1998 ketika Bank Indonesia menalangi bank-bank yang terancam bangkrut di Indonesia lewat BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia)? BI menginjeksi besar-besaran uang baru ke pasar, dan mendadak nilai rupiah jadi turun drastis. Rakyat Indonesia dirampok secara tak terlihat lewat inflasi yang sangat tinggi saat itu. Suku bunga tabungan / deposito bank nyaris tidak pernah di atas tingkat inflasi riil. Angka inflasi yang dilaporkan pemerintahan manapun di seluruh dunia pasti lebih rendah dari angka yang sebenarnya untuk menciptakan kesan bahwa perekonomian “terkendali,” dan untuk mencegah masyarakat menarik uangnya dari bank.



Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang independen dimulai ketika sebuah undang-undang baru, yaitu UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara independen dan bebas dari campur tangan pemerintah ataupun pihak lainnya. Sebagai suatu lembaga negara yang independen, Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. Untuk lebih menjamin independensi tersebut, undang-undang ini telah memberikan kedudukan khusus kepada Bank Indonesia dalam struktur ketatanegaraan Republik Indonesia. Sebagai Lembaga negara yang independen kedudukan Bank Indonesia tidak sejajar dengan Lembaga Tinggi Negara. Disamping itu, kedudukan Bank Indonesia juga tidak sama dengan Departemen, karena kedudukan Bank Indonesia berada diluar Pemerintah. Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya baca disini

Persis seperti Bank-bankyang sudah di kuasai para keluarga bankir atau dinasti bankir. Yang mana merekalah penguasa dunia berasal dari bangsa khazar.

Oos Depok.

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/bank-indonesia-kedudukannya-diluar-pemerintah-ri/

Leave a Reply