Mengapa Al Quran turun di bulan Ramadhan dan kenapa di wajibkan puasa dan apa hubungannya puasa dengan turunnya Al Quran

Mengapa Al Quran turun di bulan Ramadhan :

Kita lihat di Al Quran Surah Al-Baqarah Ayat 185

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. 

 

Mengapa Al Quran turun di bulan Ramadhan :

Kita ambil satu penjelasan dari beberapa penjelasan di Ibnu Katsir tentang turunnya di bulan Ramadhan:

ALLAH SWT Memuji bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya, karena di dalam hadis di sebutkan KITAB2 Lainnya juga turun di Bulan Ramadhan.

Suhuf / Lembaran-lembaran Nabi Ibrahim, kitab Taurat dan Kitab Injil di turunkan pada Bulan Ramadhan Begitu Juga Al Quran, hanya tanggalnya saja yg berbeda2.

Suhuf / Lembaran-lembaran Nabi Ibrahim, kitab Taurat dan Kitab Injil di turunkan sekaligus Dari Lauhul Mahfuz ke Para Nabi2 yang menerima, sedangkan Al Quran di turunkan langsung dari Baitul Izzah ke Langit Dunia, Yaitu pada malam Lailatul Qadar spt pada Surah Al Qadar ayat 1

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.

Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

dan Surah Ad-Dukhaan Ayat 3

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.  Malam yang diberkahi ialah malam Al Quran pertama kali diturunkan. Di Indonesia jatuh pada tanggal 17 Ramadhan.

Setelah dari Baitul Izzah ke langit dunia lalu turun berangsur2 selama 20 tahun ke Rasulullah SAW.

Yang merawikan ini sangat banyak spt Ibnu Abbas,Israil dari as sidi, muhammad ibnu Abul Mujalid dari Miqsam.

Terjawab sudah Mengapa Al Quran turun di bulan Ramadhan.

kenapa di wajibkan puasa dan apa hubungannya puasa dengan turunnya Al Quran

Manfaat Puasa adalah Perintah ALLAH SWT agar :

Mensucikan Hati, membersihkan diri dan lain2 sebagainya, di dalam 1 thn orang yg tidak pernah berpuasa / jarang melakukan puasa sangat kuat sekali godaanya di mana selain Bulan Ramadhan setan2 yg di belenggu melakukan aktivitasnya untuk Merusak hati dan mengotorkan diri dan hal2 lainnya yg di larang ALLAH SWT.

Jika kita tidak berpuasa dalam menjalani bulan Ramadhan ini maka akan sangat sulit sekali menerima Pelatihan langsung yg di berikan Oleh ALLAH SWT di bulan Ramadhan.

Hal ini dibuktikan oleh umat2 yg telah lalu sebelum umat nabi Muhammad di surah Albaqarah 183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Didalam Hati yang suci dan tubuh yang bersih (jiwa dan raga) akan Menerima Bulan Ramadhan dan langsung ALLAH SWT memberikan Pelatihannya kepada orang2 yang beriman dan bertaqwa.

Kesimpulan Point2 penting dari  Al Quran turun di bulan Ramadhan dan kenapa di wajibkan puasa dan apa hubungannya puasa dengan turunnya Al Quran adalah:

Bulan Ramadhan adalah Bulan turunnya Suhuf / Lembaran-lembaran Nabi Ibrahim, kitab Taurat dan Kitab Injil di turunkan sekaligus Dari Lauhul Mahfuz ke Para Nabi2 yang menerima, sedangkan Al Quran di turunkan langsung dari Baitul Izzah ke Langit Dunia, Yaitu pada malam Lailatul Qadar, Setelah dari Baitul Izzah ke langit dunia lalu turun berangsur2 selama 20 tahun ke Rasulullah SAW.

Didalam Hati yang suci dan tubuh yang bersih (jiwa dan raga) akan sempurna Menerima Bulan Ramadhan dan langsung ALLAH SWT memberikan Pelatihannya kepada orang2 yang beriman dan bertaqwa.

Pelatihan ALLAH SWT memberikan petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)

Wallahu a’lam bishshawab.

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/mengapa-al-quran-turun-di-bulan-ramadhan-dan-kenapa-di-wajibkan-puasa-dan-apa-hubungannya-puasa-dengan-turunnya-al-quran/

Leave a Reply