Koin Dinar Pertama yang di buat pada masa pemerintahan Islam.

Dinar pertama kali

Dinar coin emas yang pertama dibuat oleh umat Islam, dibuat pertama kali di Damaskus. Koin Islam awalnya didasarkan pada prototipe Bizantium yang ada gambar salibnya dan gambar penguasa Bizantium, dan juga prasasti Yunani. Pada tahun



696 masehi, namun, Khalifah Abd al-Malik (Dinasti Bani Ummayah) memulai program reformasi keuangan dan memperkenalkan koin baru, Dinar emas, yang menggantikan solidus (solidus=koin emas jaman empire roman) yang digunakan pada periode Bizantium. Dari awal ini, koin Islam berisi dan bertuliskan prasasti agama dalam bahasa Arab.

  • Saat ini coin pertama kali tersebut berada di The Israel Museum, Jerusalem
  • Berat : 4 Gram (belum mencapai 4.25gram).
  • Tulisan di tengah adalah Dua kalimat Syahadat atau bisa juga kalimat Tauhid
  • Tulisan ¬†yang melingkar kurang begitu bisa terbaca kira2 seperti tahun cetakan dan tempat mencetak, saya takut salah jadi silahkan di baca masing2.

Karena pada masa dulu belum ada cetakan seperti di pabrik yang memiliki akurasi tinggi maka terkadang berat dan tulisannya tidak akan sama persis, oleh karena itu dinar2 selanjutnya di buat 4.25gram. Oh ya menurut sumber bahwa koin di atas adalah koin yang benar2 pertama kali di cetak pada masa itu, pada tahun 2013 ini juga telah dilelang sebanyak 56 koin di london dan sudah terjadi perubahan pada tulisan yg melingkar, tetapi pada tulisan yang tengah masih sama yaitu Dua kalimat syahadat atau kalimat Tauhid.

Gambar dan sumber disini klik aja langsung.

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/dinar-pertama-yang-pernah-di-buat-di-masa-islam/

1 comment

  1. Hello Aly,
    Thanks for your offered, yes you can included my blog to your blog.

Leave a Reply