Tips Memutihkan sesuatu dengan Citroen atau Asam Sitrat (Rp.1000/bungkus)

Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan. Dalam biokimia, asam sitrat dikenal sebagai senyawa antara dalam siklus asam sitrat yang terjadi di dalam mitokondria, yang penting dalammetabolisme makhluk hidup. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai antioksidan. Asam sitrat terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran, namun ditemukan pada konsentrasi tinggi, yang dapat mencapai 8% bobot kering, pada jeruk lemon dan limau (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut).


  • Untuk es buah atau manisan agar terasa asam dan sebagai pengawet.
  • Untuk memutihkan peralatan makan, Panci, gelas, sendok dan lain dengan cara di rendam sambil di gosok gosok dengan busa jika mau cepat.
  • Buat baju putih jadi cemerlang dicampurkan ke air rendaman baju Berdetergen
  • Buat lantai kamar mandi bersih, di basahkan dulu lantainya dan di tebarkan lalu di sikat.
  • Sisa sisa penggunaan di atas, masih bisa di manfaatkan lagi untuk membersihkan Kloset, tempat cuci piring dan lobang2 pembuangan air kamar mandi dengan cara menyiram sisa sisa Citroen tersebut ke Kloset, tempat cuci piring dan lobang lobang pembuangan air kamar mandi

Untuk rendaman baju, jangan pernah mencampurnya pakai produk pewangi apapun karena bisa membuat baju putih jadi kuning2.

Untuk lengkapnya tentang Asam Sitrat ada di sini http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_sitrat Bisa di beli di toko2 bahan bahan kue dan makanan.

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/citroen-citric-acid/

1 comment

  1. Sudah di coba dan berhasil.

Leave a Reply