Kumpulan Kata kata yg tercipta ketika ku lelah agar ku segar kembali

Ketika sedang lelah dengan aktivitas ibadah, pekerjaan, keluarga dan lain2 maka perlu adanya penyemangat, agar kita bisa kembali segar dgn aktivitas aktivitas tersebut, oleh karena itu saya membuat “Kumpulan Kata kata yg tercipta agar selalu ingat kpd ALLOH SWT”.

Antara iri dan minta keadilan itu beda tipis, orang yang meminta keadilan akan tetap berperilaku positif jika tidak mendapat keadilan, sedangkan orang yang iri akan berperilaku negatif jika tidak dapat keadilan.
01-Maret-2024

Jika kamu bergerak sangat cepat dan yang lain sangat lambat, maka seolah-olah yang lain sedang berhenti.
01-Maret-2024

Tidak masalah sehebat apapun dirimu, namun jika berada di tempat yang salah maka akan sia-sia, begitupun sebaliknya, seburuk apapun dirimu, namun jika berada di tempat yang benar maka akan bermanfaat pada akhirnya.
29-September-2023

Jika anda bisa menabung walau pendapatan paspasan itu namanya HEMAT, jika anda bisa menabung 2000 tapi pendapatan hanya 1000 dan dijalan yang baik dan benar itu namanya HEBAT.
05-Septermber-2023

Jika targetnya ingin sukses prosesnya rajin belajar, targetnya ingin kaya prosesnya banyak bekerja, jika targetnya ingin masuk surga prosesnya ikuti perintah agama, jika ingin Sukses, Kaya dan Masuk Surga prosesnya rajin belajar, banyak bekerja dan ikuti perintah agama.
Kamis 10 Ramadan 1445H 06:17 AM
Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/kumpulan-kata-kata-yg-tercipta-ketika-ku-lelah-agar-ku-segar-kembali/

Panduan persiapan pensiun

Assalamu’alaikum Warrohmatulloh Wabbarokatuh,

Tanpa disadari seorang karyawan yang bekerja diperusaahan lupa untuk memikirkan waktu pensiunnya yang sudah dekat, ada juga yang terlena sibuk kerja sehingga tahu tahu sudah mau pensiun dalam masa waktu 5 -10  tahun lagi, sedangkan jika nanti pensiun kita belum punya pendapatan pengganti dan jika mengandalkan uang pensiun dan tabungan maka lambat laun akan habis dan terpakai untuk kebutuhan hidup primer, sekunder dan sosial.

Berdasarkan PP No. 45 Tahun 2015. Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun atau PP 45/2015, usia pensiun karyawan swasta 2023 adalah 57 tahun. Usia ini selanjutnya bertambah 1 tahun untuk setiap 3 tahun berikutnya sampai mencapai usia pensiun 65 tahun.

  • 2022 – 2024 = 58 tahun
  • 2025 – 2027 = 59 tahun
  • 2028 – 2030 = 60 tahun
  • 2031 – 2033 = 61 tahun
  • 2034 – 2036 = 62 tahun
  • 2037 – 2039 = 63 tahun
  • 2040 – 2042 = 64 tahun
  • 2043 – 2045 = 65 tahun

Dengan contoh diatas jika anda berumur 61 tahun di tahun 2031 sampai 2033 maka anda akan dipensiunkan oleh perusahaan, oleh karena itu saya membuat buku panduan persiapan pensiun untuk solusi yang saya sudah sebutkan tadi diatas, silahkan di download dibawah ini. Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/panduan-persiapan-pensiun/

Segala Hal Tentang API (Application Programming Interface)

API (Application Programming Interface) tidak memiliki satu penemu tunggal. Konsep API telah ada sejak awal pengembangan perangkat lunak, dan API telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Pada dasarnya, API adalah cara untuk memungkinkan aplikasi dan sistem berkomunikasi satu sama lain dengan aturan dan protokol yang ditentukan. Konsep ini telah digunakan dalam berbagai bentuk sepanjang sejarah perangkat lunak.

Namun, dengan berkembangnya internet dan pertumbuhan aplikasi web, konsep API semakin menjadi fokus utama dalam pengembangan perangkat lunak. Dalam konteks modern, beberapa kontributor utama dalam perkembangan konsep API adalah pengembang perangkat lunak, perusahaan teknologi, dan komunitas pengembang yang secara kolaboratif membangun dan menggunakan API untuk menyederhanakan integrasi dan memfasilitasi interaksi antara aplikasi dan sistem yang berbeda.

API sendiri telah berkembang secara luas dengan adanya berbagai jenis dan standar yang berbeda seperti RESTful API, SOAP API, GraphQL, dan sebagainya. Berbagai organisasi, komunitas, dan perusahaan telah berkontribusi dalam mengembangkan dan mendefinisikan standar-standar tersebut.

Jadi, API merupakan hasil kolaborasi dan evolusi di industri perangkat lunak yang melibatkan banyak pengembang, organisasi, dan komunitas Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/segala-hal-tentang-api-application-programming-interface/

Segala Hal tentang DevOps (Development and Operation)

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon, Walmart, ataupun Google yang memilih menggunakan sistem DevOps agar proses delivery produk dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Selain itu, DevOps juga terbukti dapat memberikan berbagai macam keuntungan seperti mampu menghasilkan kolaborasi tim yang lebih baik, mempertahankan kualitas produk, dan masih banyak lagi.

Meskipun sekarang solusi DevOps sudah semakin banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak orang yang mengalami kebingungan dan belum memahami apa itu DevOps. Beberapa orang beranggapan bahwa DevOps adalah sebuah budaya, pendekatan, atau filosofi. Sedangkan sebagian orang yang lain beranggapan bahwa DevOps adalah sebuah metodologi.  Jadi sebenarnya apa itu DevOps? Segala hal tentang DevOps akan dibahas dalam artikel dibawah ini.

Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/segala-hal-tentang-devops-development-and-operation/

Segala Hal Tentang Robotic Process Automation (RPA)

Dalam kehidupan sehari-hari, ada jenis pekerjaan berulang yang memakan waktu lumayan lama melalui komputer. Saat melakukan jenis tugas ini, berpotensi besar terjadinya kesalahan karena aktivitas berulang yang membosankan. Saat karyawan kewalahan dalam mengerjakan tumpukan tugas berulang (repetitive task) yang dikejar deadline tapi membutuhkan akurasi dalam pengerjaan nya seperti proses accounts payable, payroll, rekonsiliasi bank hingga proses invoice, seringkali mereka tidak sempat memikirkan hal yang lain lagi sehingga mengakibatkan peningkatan peluang terjadinya human error yang berujung kesalahan dalam pekerjaan.

Sudah saatnya bagi manusia untuk melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan menggunakan robot untuk berbagai tugas berulang yang membosankan, otomatisasi proses robot (RPA) dapat membantu perusahaan yang membuat bisnis mereka lebih menguntungkan, fleksibel, responsif dan juga bisa mengurangi terjadinya Human Error. Pada era ini, masyarakat, khususnya pelaku bisnis, berlomba-lomba untuk menjadi lebih efisien dan produktif. Itulah sebabnya banyak perusahaan menggunakan RPA (Robotic Process Automation). Untuk informasi lebih lanjut akan dijelaskan dalam Segala Hal Tentang RPA pada artikel ini.

Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/segala-hal-tentang-robotic-process-automation-rpa/

Pembuatan dan Perancangan KARTU MAGNETIK untuk ATM Absensi dan lain-lain

Assalamu’alaikum warrohmatulloh wabbarokatuh,

Artikel ini adalah salah satu tugas akhir dalam menempuh ujian akhir pada tahun 1999-2000, dimana saya dan rekan-rekan membuat dan merancang Kartu Magnetik untuk ATM, Absensi dan lain-lain.

Pada bagian pembaca kartu magnetik ini kami akan membahas bagaimana cara kerja dari rangkaian pembaca dan perangkat lunak , dimana didalamnya terdapat Magnetik Head dan IC Magtek untuk membaca keluaran dari magnetik head dan mengeluarkan tiga buah signal, yaitu card present, data dan strobe..

Pembaca kartu magnetik ini akan membaca dari kartu magnetik dengan cara menggesekkan bagian pads kartu yang terdapat pita magnetik. Lalu data akan di olah pada rangkaian magnetik card reader sebelum dikirim ke Komputer.
Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/pembuatan-dan-perancangan-kartu-magnetik-untuk-atm-absensi-dan-lain-lain/

Belajar Python membuat Automation kirim pesan WhatsApp hanya 1 Line code

Assalamu’alaikum warrohmatulloh wabbarokatuh,

Kali ini kita belajar python membuat Automation kirim pesan WA hanya dengan 1 line code. dengan awal seperti ini kalau kita modifikasi dengan database maka bisa menjadi efisien, efektif dan optimal, karena python sangat sederhana dan mudah sekali digunakan, simak video demo nya dan scriptnya silahkan di copas.
Continue reading

Permanent link to this article: https://www.berilmu.com/blog/belajar-python-membuat-automation-kirim-pesan-whatsapp-hanya-1-line-code/

Load more